Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Berkeliaran di Balai Desa Bagendang Permai

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 Oktober 2021 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemunculan orangutan kembali terjadi di Kotawaringin Timur. Kali ini orangutan dilaporkan berkeliaran di sekitar Balai Desa Bagendang Permai, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

"Kami kembali menerima laporan ada orangutan muncul di sekitar permukiman," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, 11 Oktober 2021.

Orangutan berkeliaran dekat dengan balai Desa Bagendang Permai yang tak jauh dari permukiman warga. BKSDA segera melakukan observasi guna memastikan keberadaan orangutan tersebut.

"Besok pagi kami akan observasi," katanya. Diketahui, belum lama ini BKSDA telah melakukan rescue atau penyelamatan terhadap orangutan di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Satu ekor induk orangutan dan 1 anaknya diamankan dan dikembalikan ke habitat aslinya. 

Laporan kemunculan orangutan kerap terjadi di Kotawaringin Timur. Orangutan mendekati permukiman warga karena terdesak menipisnya pakan di hutan tempat tinggalnya selama ini. Rescue pun terpaksa dilakukan guna menghindari konflik dengan warga. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru