Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Mahasiswa FMIPA UPR Raih Prestasi Lomba Essai Nasional

  • Oleh Tim Borneonews
  • 12 Oktober 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Universitas Palangka Raya (UPR) menjadi salah satu finalis di antara 10 finalis Lomba Essai Chemistry Expo XXV yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Lampung.

Tim ini dibimbing dosen program studi kimia yaitu Rendy Muhamad Iqbal, S.Si., M.Si. Tim beranggotakan 2 mahasiswa program studi kimia Fakultas MIPA angkatan 2019 ini terdiri dari Artha Karunia Gresiana Siregar dan Reliana Romaito Sitinjak. 

"Lomba Essai Nasional tersebut dilaksanakan secara online yang terdiri dari 2 tahap seleksi yaitu tahap pengiriman karya essai dan tahap final dimana para finalis akan membuat video presentasi berdurasi 3-8 menit. Lomba ini diikuti oleh 34 tim yang berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia dan Universitas Palangka Raya berhasil meraih Juara harapan 1," kata Rendy, Selasa, 12 Oktober 2021.

Hal tersebut menurutnya, menunjukkan bahwa Universitas Palangka Raya mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia seperti Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Ganesha dan perguruan tinggi lainnya. 

Sebelumnya tim ini juga sering mengikuti lomba tingkat nasional baik Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI-N) maupun lomba Essai Nasional dan belum berhasil menduduki juara. Akan tetapi, tim ini memiliki sikap pantang menyerah dan dukungan dari dosen pembimbing membuat tim ini selalu giat mengikuti lomba-lomba baik tingkat regional maupun nasional. Sehingga berkat kegigihannya, mereka mampu meraih prestasi sebagai Juara Harapan 1 di lomba Essai Nasional tersebut dengan mengusung judul “Potensi Mixed Matrix Membrane Nanohematite/Selulosa Asetat dari Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Filter dalam Upaya Pencegahan Covid-19)."

Melalui prestasi ini mereka berharap seluruh mahasiswa UPR juga mau dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Karena kegagalan bukan lah akhir dari segalanya namun kegagalan adalah proses untuk menuju keberhasilan dan akan ada waktu yang tepat untuk bersinar ketika kita mau berusaha. (*/B-5)

Berita Terbaru