Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Dusun Timur Selesaikan Musdes dan Monev DD Tahap 2

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Oktober 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur menyelesaikan musyawarah desa atau Musdes serta monitoring dan evaluasi atau Monev Dana Desa (DD) tahap 2, Selasa, 12 Oktober 2021.

"Sudah semua 16 desa, terakhir hari ini di Desa Harara," ungkap Camat Dusun Timur Ristanto Pratomo di Tamiang Layang.

Dia menjelaskan, saat menghadiri Musdes, pemerintah kecamatan sekaligus melakukan Monev karena DD tahap 2 telah dicairkan lebih dari satu bulan yang lalu.

"Dalam kegiatan Monev kami memeriksa hasil pembangunan fisik maupun administrasi penggunaan DD dalam bentuk SPj (Surat  Pertanggungjawaban), kemudian apa yang kurang dari pekerjaan itu langsung kami buatkan catatan-catatan perbaikan di situ yang langsung ditandatangani kades," jelas Camat.

Menurutnya, secara umum hasil pembangunan fisik di setiap desa sudah bagus, sedangkan proses administrasi sedang berlangsung termasuk pajak yang harus dibayarkan.

"Kalau semua pekerjaan dan SPj sudah beres, baru pemerintah desa bisa mengajukan permohonan untuk pencairan DD tahap 3, ini yang juga kami kejar, mudah-mudahan semua desa sudah selesai SPj-nya pada akhir Oktober," imbuh Ristanto.

Dia menargetkan pada pertengahan atau akhir bulan November semua desa sudah mencairkan DD tahap 3 sehingga pada bulan Desember dimulai pembahasan APBDes 2022. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru