Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prancis Kirimkan 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 13 Oktober 2021 - 15:03 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Indonesia akan kembali menerima bantuan vaksin dari mitra asing dengan pengiriman sebanyak 688.800 suntikan AstraZeneca yang direncanakan tiba di Tanah Air, Rabu 13 Oktober 2021 dari pemerintah Prancis.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Prancis dikatakan jika sebelumnya Prancis telah mengirimkan 3.163.540 dosis vaksin ke Indonesia antara 10 September hingga 2 Oktober dalam 4 pengiriman terpisah.

“Keempat sumbangan vaksin tersebut merupakan tindak lanjut dari pengumuman Presiden Emmanuel Macron, pada tanggal 4 Agustus yang lalu, bahwa sebagai wujud solidaritas dalam menghadapi Pandemi COVID-19, 3 juta dosis vaksin akan dihibahkan Prancis kepada Indonesia,” demikian Kedubes Prancis.

Pengiriman-pengiriman vaksin dilakukan di bawah jalur kerja sama bilateral dan multilateral yakni fasilitas COVAX.

Pengiriman vaksin AstraZeneca kelima yang dijadwalkan tiba di Jakarta, Rabu dilakukan melalui fasilitas COVAX yang didirikan dengan dukungan Uni Eropa, termasuk Prancis guna menjamin akses terhadap vaksin yang setara, aman, dan efektif.

Pengiriman 688.800 dosis itu akan menambah jumlah sumbangan dosis vaksin yang diberikan oleh Prancis kepada pemerintah Indonesia sehingga mendekati angka total 4 juta dosis.

Bantuan Prancis dilakukan guna mendukung kampanye vaksinasi Pemerintah Indonesia.

“Sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif untuk mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia. Prancis terus mendampingi Indonesia dalam upaya memerangi wabah COVID-19,” katanya.

ANTARA

Berita Terbaru