Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Hujan Beberapa Hari, Titik Panas Mulai Terdeteksi di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 14 Oktober 2021 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik panas diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan mulai terdeteksi di Kotawaringin Timur dan sekitarnya. Padahal beberapa hari hujan mulai jarang turun. 

"Ya satelit mendeteksi sejumlah titik panas di wilayah Kotawaringin Timur," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Rabu, 12 Oktober 2021. 

Adapun titik panas di Kotawaringin Timur, terdeteksi sebanyak 3 titik panas, yakni terdapat di Kecamatan Antang Kalang, Kecamatan Bukit Santuai, dan Kecamatan Parenggean. 

Titik panas terbanyak terdapat di Kabupaten Seruyan yakni sebanyak 5 titik panas. Semuanya terdapat di Kecamatan Seruyan Tengah. Sedangkan di Kabupaten Katingan terdapat 1 titik panas, yakni di Kecamatan Katingan Kuala. 

Berdasarkan prakiraan curah hujan, di Kabupaten Kotawaringin Timur berpotensi terjadi hujan untuk 24 jam belakangan ini. 

"Kendati demikian harus tetap waspada terhadap potensi kebakaran lahan dan hutan, karena ditinjau dari parameter analisa cuaca, sebagian besar wilayah Kotim masuk kategori sangat mudah terbakar," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru