Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Ini Sebut Tenaga Guru dan Nakes di Katingan masih Kurang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Oktober 2021 - 11:55 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto menyebutkan bahwa hingga saat ini dari pantauan pihaknya kalau keberadaan tenaga guru dan tenaga kesehatan terutama di desa-desa dinilai masih kurang. 

"Saat kami melakukan reses beberapa hari lalu, tenaga guru dan tenaga kesehatan, terutama di pedesaan masih kurang, " sebut anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto, Kamis,  14 Oktober 2021.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB ini mengatakan dari hasil reses itu dirinya telah menemukan salah satu puskesmas pembantu atau Pustu di salah satu  di daerah pemilihan III.

Untuk bangunan pustunya dinilai layak, pun demikian fasilitasnya juga cukup lengkap.

Akan tetapi tenaga kesehatan seperti perawat dan bidan di pustu itu tidak berada di tempat.

Sementara di salah satu desa juga ada sekolah dengan siswa yang jumlahnya tidak sedikit, namun jumlah gurunya hanya dua orang. 

Kondisi itu, tutur Sugianto terjadi tidak hanya saat pandemi Covid-19, akan tetapi pada tahun-tahun sebelumnya keadaannya juga sama jumlah guru yang minim. 

Terkait itu,  Sugianto berharap kepada pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan untuk melakukan pengecekan di beberapa pustu dan sekolah di wilayah hulu atau Utara Katingan itu. 

Pasalnya, tambah Sugianto keberadaan tenaga kesehatan dan guru ini tidak hanya penting di ibukota saja, namun juga penting keberadaannya di pedesaan atau pelosok. 

"Karena tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Sedangkan guru juga tidak kalah penting yaitu memberikan pendidikan dan pelajaran kepada anak-anak," imbuh Sugianto. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru