Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Food Estate Diharapkan Jadi Lapangan Pekerjaan SDM Lokal

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Oktober 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program food estate yang dikembangkan di Kalteng selain bertujuan memenuhi stok pangan secara nasional, juga membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Terkait itu, Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon berharap keberadaan food estate bisa menjadi lapangan pekerjaan SDM lokal di Kalteng.

"Food estate ini tidaklah kecil. Kebutuhan tenaga kerja pastinya akan banyak, entah itu tenaga PPL atau lainnya," kata Lohing Simon, Kamis, 14 Oktober 2021.

Dia mengatakan, di Kalteng banyak SDM lulusan perguruan tinggi yang saat ini masih menganggur. Hal inilah yang harus bisa dimanfaatkan pemerintah.

"Memaksimalkan SDM lokal yang ada saya rasa sangat penting dilakukan dan tidak perlu mendatangkan tenaga kerja dari luar. Karena yang utama harus disejahterakan adalah SDM lokal kita," sebutnya.

Selain itu, harapan selanjutnya supaya pemerintah dapat melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dengan tujuan mempersiapkan SDM lokal guna diperkerjakan di food estate.

"Kerjasama itu bisa dalam bentuk beasiswa atau semacamnya, agar lulusan SMA/SMK di Kalteng dapat melanjutkan pendidikan. Tidak perlu tinggi, maksimal sampai D3 saja sudah cukup, yang terpenting mereka siap bekerja," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru