Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk Unggulan Daerah Harus Dikembangkan

  • Oleh Naco
  • 14 Oktober 2021 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fraksi Partai Nasdem DPRD Kotim mendororong agar Produk Unggulan Daerah (PUD) baik itu berupa barang maupun jasa yang dihasilkan oleh masyarakat, koperasi, usaha skala kecil dan menengah yang potensial dapat dikembangkan. 

Fraksi ini sepakat agar produk unggulan ini harus dituangkan dalam sebuah produk hukum di daerah tersebut sebagai landasan hukum kedepannya bagi pemerintah untuk memberdayakannya.

Baik sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan budaya lokal, serta dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah

Pihaknya berharap, produk yang potensial bisa memliki daya saing, daya jual dan daya dorong menuju pasar global. Di sisi lain, pemerintah daerah juga sudah menginventarisasi PUD dan didata untuk memudahkan dalam pembuatan kebijakan.

"Produk-produk unggulan daerah Kotawaringin Timur yang sudah di data itu seperti kelapa sawit, karet, kelapa, rotan," kata Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana, Kamis, 14 Oktober 2021.

Syahbana menjelaskan, sawit merupakan komoditas yang memiliki  luasan dan hasil produktif yang sangat besar. Sebab, mana pengirimannya sampai keluar negeri meskipun didominasi oleh perusahaan besar. Begitu juga dengan karet. Komoditas ini menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat Kotim dengan hasil produksi hingga tujuan ekspor.

Kemudian, kelapa, merupakan komoditas yang paling banyak terdapat di kawasan selatan Kabupaten Kotim. Meski saat ini pengolahannya masih terbatas, komoditas ini menjadi andalan sebagian besar masyarakat di kawasan pesisir selatan.

Selanjutnya tidak kalah penting juga yang bisa diandalkan yakni rotan. Komoditas ini sudah sejak lama menjadi produk unggulan bagi masyarakat kabupaten tersebut sampai sekarang dan kontribusinya sangat besar bagi perekonomian masyarakat. (NACO/B-7)

Berita Terbaru