Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Dorong UMKM Miliki Merek Sejak Mulai Usaha

  • Oleh Hendri
  • 14 Oktober 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang mendorong agar pelaku UMKM dapat melakukan pendaftaran merek sejak memulai usaha.

"Pendaftaran sejak awal mendirikan usaha dapat mengantisipasi terjadinya persengketaan merek di masa depan. Selain itu, pendaftaran merek juga memberi kepercayaan lebih kepada konsumen terhadap produk yang dijual," katanya, Kamis, 14 Oktober 2021.

Ia mengatakan, pendaftaran merek merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam bisnis UKM maupun bisnis rintisan berbasis digital atau startup. Hal ini untuk memberi perlindungan hukum bagi pelaku usaha agar merek dagangnya tidak digunakan pihak lain.

Berdasarakan pengalaman, kata dia, terdapat berbagai kasus persengketaan merek yang sudah terkenal di publik terjadi karena pelaku usaha tidak mendaftarkannya sejak awal.

Selain itu, merek berfungsi untuk menjamin asal barang atau jasa. Sehingga, fungsi tersebut berkontribusi pada transparansi pasar yang menguntungkan konsumen dan pelaku usaha.

Menurutnya, proses pendaftaran merek sudah lebih singkat dengan berlakunya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Sekarang masa waktu pendaftaran merek menjadi 30 hari paling cepat dari sebelumnya 180 hari," ungkapnya.

Untuk pendaftaran merek hal pertama yang dilakukan oleh UMKM adalah melakukan pengajuan atau permohonan diri ke instansi terkait. Setelah melakukan pengajuan permohonan, segala persyaratan data-data pendaftaran akan diperiksa langsung.

Adapun data yang diperlukan di antaranya adalah formulir pendaftaran, surat pernyataan tentang kepemilikan merek yang telah diketok dan dibubuhi materai, foto kopi NPWP dan KTP. 

Syarat lainnya berupa nama dan Label Merek, Etiket Merek atau contoh merek dalam permohonan merek, dan melampirkan sertifikat register UMKM. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru