Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Oktober 2021 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polda Kalteng menerapkan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat wajib masuk ke markas polda setempat. Siapapun orangnya, diharuskan men-scan QR-Code yang telah disiapkan. 

"Penggunaan aplikasi PeduliLindungi melalui scan barcode ini bukan hanya untuk masyarakat, namun juga mewajibkan seluruh anggota Polda Kalteng untuk melaksanakannya," tegas Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Jumat, 15 Oktober 2021. 

Aplikasi tersebut mulai diterapkan sejak Rabu, 13 Oktober 2021. Warga yang memasuki markas komando wajib mengikuti aturan yang telah diterapkan. Seperti yang terlihat pada Jumat. Warga terlihat menjalani prosedur itu. Tujuannya adalah membantu pemerintah dalam hal pelacakan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Penerapan aplikasi tersebut merupakan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K Eko Saputro mengatakan, penggunaan aplikasi itu juga berlaku di polres jajaran. "Dengan demikian, akan terdata jumlah orang yang masuk markas komando, sehingga prokes di satuan wilayah dapat dilaksanakan dengan maksimal," ucap Eko.

Eko mengimbau masyarakat agar mendownload atau mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu dinilai sangat penting membantu aktivitas sehari-hari, seperti melakukan perjalanan darat, laut dan udara maupun masuk ke dalam perkantoran.

Sementara itu, sampai sejauh ini, pihaknya terus berupaya untuk mencegah penularan Covid-19. Imbauan pentingnya protokol kesehatan selalu disampaikan setiap harinya meskipun kasus Covid-19 di Kalteng sudah menurun. Selain itu, juga terus menjalankan program percepatan vaksinasi untuk masyarakat.

Seperti yang digelar di wilayah Kecamatan Bukit Batu, Jalan Tjilik Riwut Km 33, Kota Palangka Raya. Dalam hal ini, pihak polda menurunkan tim Batalyon Vaksinator. Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi langsung meninjau pelaksanaan tersebut. 

Wakapolda mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalteng dengan target 650 dosis. "Semoga vaksinasi yang digelar ini dapat mempercepat capaian target vaksinasi sehingga herd immunity di lingkungan masyarakat cepat terbentuk," ujarnya.

"Kami turut menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari meskipun sudah divaksin," demikian pesan Wakapolda Kalteng. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru