Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Kwarcab Pramuka Kapuas Gelar Kegiatan JOTA dan JOTI

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Oktober 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas kembali menggelar kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) di kawasan Sanggar Pramuka Kapuas. Kegiatan bagi pramuka penggalang, penegak dan pandega itu berlangsung selama tiga hari, berakhir pada 17 Oktober 2021.

Ketua Kwarcab Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, terdapat beberapa tujuan dalam pelaksanaan jambore itu. Yakni memperkenalkan kepada anak-anak akan pemanfaatan internet melalui JOTI.

"Ini dijadikan sebagai media komunikasi, tidak hanya sesama Pramuka di Indonesia, namun bahkan diseluruh dunia," kata Suwarno, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Kemudian, lanjut dia, untuk kegiatan JOTA, bertujuan memperkenalkan kepada generasi muda bahwa ada satu media komunikasi yang tidak menggunakan internet, tetapi menggunakan jaringan gelombang radio yang disebut dengan orari.

"Dalam hal ini di Kabupaten Kapuas di bawah binaan Orari Lokal Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Dia berharap, peserta kegiatan dapat memahami dan menjadi media saling bersilaturahmi dan berkomunikasi.

Sementara itu, Orari Lokal Kapuas melalui Bidang Pembinaan, Hj Rietna mengungkapkan, jambore ini digelar dalam rangka acara tahunan. Dalam hal ini, Kabupaten Kapuas mengikuti setiap tahunnya melalui Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas.

Sedangkan, salah satu peserta jambore, Yosua mengungkapkan dirinya yang juga mengikuti kegiatan ini tahun lalu menyampaikan pengalamannya yang saat mengikuti JOTA, pernah berkomunikasi dengan Pramuka dari negara Australia, Kanada, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

“Tentunya pengalaman ini dapat menjadikan pembelajaran untuk semakin melatih kita dalam mahir berbahasa asing, sebagai langkah dalam saling berkomunikasi,” ucapnya Yosua. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru