Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Warga Katingan Jadi Kepala Desa Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Oktober 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Minat warga Kabupaten Katingan yang ingin mencalonkan sebagai kepala desa atau kades dinilai cukup tinggi. 

Hal ini diakui Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau BPMdes Kabupaten Katingan, Alpianoor melalui Pelaksa Umum Dinas BPMdes, Genter didampingi Iqbal, Sabtu, 16 Oktober 2021.

"Pendaftaran bakal calon pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Katingan sudah dilaksanakan. Tahapan selanjutnya masih proses verifikasi data bakal calon yang mendaftar," sebut Pelaksana Dinas BPMdes Katingan, Genter didampingi Oqbal. 

Genter menuturkan, di Kabupaten Katingan, pilkades serentak tahun ini bakal diikuti 42 desa di 13 wilayah kecamatan yang ada. 

Dari pantauan pihaknya, warga Katingan cukup antusias ikut mendaftar sebagai bakal calon kepala desa itu.

Hal ini terbukti dari proses pendaftaran beberapa hari lalu. Ada beberapa desa yang jumlah bakal calon mendaftar melebihi dari ketentuan. 

"Berdasarkan ketentuan masing-masing desa paling banyak lima bakal calon,  namun ternyata ada dua desa yang bakal calonnya ada enam orang," sebut Genter. 

Karena melebihi ketentuan jumlah bakal calon, panitia di dua desa itu yakni Desa Tumbang Atei Kecamatan Katingan Tengah dan Rantau Asem Kecamatan Sanaman Mantikei diminta untuk dilakukan tes tertulis terlebih dulu untuk menentukan lima bakal calon yang nantinya dapat memgikuti pilkades. 

"Sedangkan untuk desa lainnya rata-rata ada lima bakal calon, " sebutnya. 

Genter menambahkan, pelaksanaan pilkades serentak atau pemungutan suara dan perhitungan hasil di Katingan akan digelar pada 23 Nopember 2021 mendatang. Sedangkan untuk penetapan calon terpilih pada 24 Nopember 2021. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru