Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim Gandeng Milenial Promosikan Museum Kayu Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 16 Oktober 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kebudayaan Pariwisata Kotawaringin Timur, terus berupaya mengenalkan Museum Kayu Sampit secara luas. Salah satunya dengan menggaet pemuda atau generasi milenial dalam mempromosikan aset wisata daerah itu. 

"Kami ingin masyarakat luas tahu bahwa Kotawaringin Timur memiliki museum. Selain itu generasi muda juga harus tahu akan ini," kata Kabid Sejarah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpar Kotim, Yusdiannur, Sabtu, 16 Oktober 2021. 

Salah satu contoh kegiatan yang diadakan Disbudpar Kotim untuk mempromosikan museum adalah dengan menggelar lomba video blog atau disebut vlog. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan September lalu dan sudah diketahui pemenangnya. 

Salah satu pemenang lomba mengaku senang dapat turut mempromosikan salah satu destinasi wisata di wilayah itu. Sebagai generasi muda dia mengaku memiliki kepedulian tersendiri akan kemajuan wisata di kabupaten itu. 

"Saya menilai upaya pemerintah mempromosikan destinasi wisata dengan menggandeng pemuda ini sangatlah tepat.  Soalnya yang aktif dalam bermedia sosial saat ini dominan adalah pemuda atau milenial," kata Muhammad Zukifli, peserta yang meraih Juara 1 lomba vlog Museum Kayu Sampit. 

Untuk diketahui, Museum Kayu Sampit selain sebagai destinasi wisata juga merupakan cagar budaya di Kotawaringin Timur. Museum Kayu Sampit merupakan satu-satunya museum yang menyimpan benda-benda bersejarah khususnya peninggalan kejayaan perkayuan di Kalimantan. Sehingga keberadaanya sangat penting bagi sektor pariwisata di daerah itu. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru