Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim Berupaya Hilangkan Anggapan Museum Horor

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 18 Oktober 2021 - 11:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur (Kotim) berupaya menghilangkan anggapan horor terhadap keberadaan Museum Kayu Sampit. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan bermalam semalam di wadah aset pemerintah bernilai sejarah itu. 

“Kami ingin kesan seram itu tidak ada lagi khususnya bagi generasi muda terhadap museum kita,” kata Pelaksana Tugas Kepala Disbudpar Kotim, Suparman, Senin (18/10).

Bermalam di museum dikemas dalam bentuk Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Kegiatan diikuti puluhan anggita Pramuka.

“Sengaja kami laksanakan di Museum Kayu Sampit untuk menunjukan kepada pemuda itu tidak ada yang perlu ditakuti dari museum ini,” imbuh nya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Disbudpar Kotim, Muhammad Yusdiannor mengatakan, sama halnya seperti perkemahan Pramuka biasanya, dalam bermalam di museum juga diselipi kegiatan jurit malam dan api unggun. 

"Jurit malam dilakukan di luar ruangan, kalau kali ini di dalam museum. Jadi sambil memperkenalkan museum ini pada mereka," tuturnya.

Selain bermalam di museum, belakangan Disbudpar Kotim kerap menjadikan area Museum Kayu Sampit sebagai tempat untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti lomba lukis, lomba tari, dan lain-lain.

Dengan banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di area museum tersebut diharap masyarakat bisa merasa lebih akrab dengan keberadaan museum, sehingga perlahan namun pasti, kesan horor dan mistis dari bangunan tersebut tidak lagi melekat dipikiran masyarakat. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru