Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Event Budaya di Kotim Mulai Menggeliat, Ini Agendanya dalam Waktu Dekat

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 18 Oktober 2021 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menyusun sejumlah agenda budaya di daerah itu. Ini menyusul dengan mulai melandainya kurva penularan Covid-19.

"Semoga kegiatan yang sebelumnya ditiadakan karena Covid-19, bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Disbudpar Kotim, Suparman, Senin 18 Oktober 2021.

Melandainya kasus Covid-19 di Kotim belakangan ini membawa angin segar bagi kegiatan masyarakat. Disbudpar pun mulai menyusun agenda kegiatan yang sebelumnya tak bisa dilaksanakan saat Covid-19 membabi buta. 

Seperti yang diketahui pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua sektor tak terkecuali sektor pariwisata. Banyak agenda seni dan kebudayaan yang menjadi bagian pariwisata Kotim harus ditiadakan. 

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Disbudpar Kotim, Muhammad Yusdiannor mengatakan agenda budaya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat antara lain upacara tiwah yang dilaksanakan masyarakat di Desa Tumbang Hejan, Kecamatan Antang Kalang. 

"Sedangkan, dari Disbudpar Kotim. rencananya akan menggelar kegiatan mamapas lewu, namun belum dipastikan jadwalnya," 

Sedangkan untuk event kebudayaan lainnya akan diagendakan tahun 2022 mendatang. Disbudpar Kotim berharap event-event akan dapat dilaksanakan kembali seiring dengan menurunnya penularan Covid-19 di daerah itu. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru