Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencarian Penumpang Kirana I Terjun ke Laut Terkendala Cuaca

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Oktober 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap seorang penumpang KM Kirana I (Satu) yang terjun ke Laut saat kapal berlayar dari pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Semarang.

Penumpang yang di ketahui terjun ke laut pada Rabu, 13 Oktober 2021, saat kapal berada 15 MIL ke arah barat dari Tanjung Puting di perairan Laut Jawa, dalam roses pencariannya terkendala oleh cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi yang sering datang secara tiba-tiba.

"Saat ini memasuki hari ke 6, Tim gabungan masih terus melakukan pencarian korban dan masih nihil dan kendalanya masalah cuaca yang tiba - tiba berubah," kata Tim Basarnas, Kapten Mardatilah Nahkoda RW 3 No 5 Palangka Raya, saat dikonfirmasi pada Senin, 18 Oktober 2021.

Hingha saat ini, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD, PMI Kotawaringin Barat, TNI - Polri dan KSOP Kumai masih terus melakukan pencarian. Bahkan pencarian juga diperluas, yang semula dari titik lokasi dilaporkan.

"Jika selama 7 hari masih belum ada tanda-tanda ditemukan, maka tim SAR akan menghentikan pencarian terhadap korban yang Lompat dan dinyatakan hilang," ungkapnya.

Penumpang KM Kirana I berangkat sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tujuan Semarang. Kemudian pada pukul 08.00 WIB, dikabarkan bahwa ada 1 saksi mata yaitu sopir mobil Fuso melihat laki-laki usia sekitar 30 tahun, tidak pakai baju dan hanya menggunakan celana pendek lari keluar dan lompat pagar terjun ke laut.

Kemudian kapal berhenti dan memberi tanda pada lokasi jatuh, serta menurunkan sekoci dan melakukan putaran 3 kali. Setelah dilakukan 3 kali putaran tidak ditemukan, sesuai SOP internasional, kemudian kapal melanjutkan perjalanan menuju Semarang.

Tim KM Kirana I, melakukan penelusuran di atas kapal dan menemukan identitas salah satu penumpang yaitu warga asal Demak, Jawa Tengah, atas nama Mukromin. Selain itu juga ditemukan pakaian dan sandal korban di atas kapal sebelum terjun ke laut. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru