Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkembangan Model Mobil Listrik Global dan Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 19 Oktober 2021 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Indonesia akan memasuki era mobilitas terelektrifikasi dalam beberapa tahun ke depan, menyusul diresmikannya pabrik baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pertama di Asia Tenggara yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Hadirnya industri baterai tidak hanya membuka peluang manufaktur dan penjualan kendaraan listrik, namun turut meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi untuk mengembangkan industri turunan yang menggunakan baterai.

Sejalan dengan itu, hadirnya kendaraan listrik juga akan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkendara yang lebih ramah lingkungan serta efisien dalam pengeluaran ongkos bahan bakar.

Bicara mengenai EV, perkembangannya ternyata sudah dimulai sejak satu abad yang lalu ketika para insinyur otomotif di Eropa dan Amerika mengembangkan mobil bertenaga listrik.

Melansir laman Departemen Energi AS (energy.gov), Senin 18 Oktober 2021 disebutkan bahwa mobil listrik pertama lahir pada 1832 dari tangan penemu asal Skotlandia Robert Anderson.

Namun perlu waktu lebih dari setengah abad untuk memacu para penemu lainnya untuk mulai merancang mobil listrik, misalnya Henry Ford, Ferdinand Porsche, Karl Benz, dan William Morrison.

William Morrison bahkan menjalin kerja sama dengan American Battery Company untuk memproduksi taksi listrik berkecepatan 35km/jam pada tahun 1897.

Kendati pamor mobil listrik sempat naik pada awal 1900, namun nyatanya mobil berbahan bakar minyak tetap menjadi pilihan utama sampai era 1970 ketika harga minyak dunia naik dan isu kesadaran lingkungan mulai meningkat.

Melansir EV Express UK, pada era 1970-an lahir beberapa mobil listrik antara lain Buick Skylark General Motors, Enfield 8000, dan Jeep Electruck oleh American Motor Company.

Butuh waktu 20 tahun bagi para pabrikan untuk merancang mobil listrik dengan kecepatan yang mendekati mobil berbahan bakar bensin, atau setidaknya bisa melaju hingga 90 km/jam.

Berita Terbaru