Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Terus Dorong Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Oktober 2021 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng terus berupaya mendorong pemulihan dan peningkatan ekonomi provinsi ini, salah satunya dengan percepatan pembangunan kawasan tambak udang vaname atau shrimp estate yang ada di Sukamara.

Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) udang vaname tersebut, pemprov akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.

"Rencananya program shrimp estate yang dibangun pada lahan seluas 40 hektare ini, nantinya akan teritegrasi dengan wisata dan industri perikanan," sebutnya, Selasa, 19 Oktober 2021.

Dia mengungkapkan, beberapa kelengkapan yang akan dibangun pada kawasan tersebut yaitu 5 kalster tambak, irigasi tambak, IPAL lab kesling dan nutrisi pakan, hatchery, cold stronge, serta pabrik pakan.

Di lain hal, untuk ekspor sendiri saat ini belum dapat dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, untuk sementara waktu ada beberapa perusahaan yang membeli hasil produksi shrimp estate tersebut ke lokasi.

"Masalah ekspor ini kedepan kita akan rancang agar difasilitasi oleh kementerian atau lembaga terkait. Dengan skala besar mungkin kita dapat ekspor," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru