Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Kembali Muncul di Kebun Nanas Warga Lingkar Kota Selatan Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 Oktober 2021 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Laporan keberadaan orangutan kembali terjadi di Sampit, Kotawaringin Timur. Kali ini orangutan dilaporkan terlihat di salah satu kebun nanas warga Jalan Lingkar Kota Selatan. 

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengatakan gangguan orangutan itu dilaporkan oleh Aldi Maher lewat media sosial. Namun ketika petugas akan melakukan observasi pelapor ternyata belum tahu lokasinya. 

"Lokasi kebun nanas milik kakak iparnya, yakni Samin. Saat kami ke rumah Samin yang bersangkutan tak ada, akhirnya observasi batal," jelasnya, Selasa 19 Oktober 2021. 

BKSDA akan tetap memantau laporan warga akan kemunculan orangutan di Jalan Lingkar Kita Selatan. Warga juga diimbau tetap waspada saat berada di sekitar kebun. Bila melihat orangutan agar segera melaporkan ke pihak BKSDA atau aparat setempat. Warga juga dilarang menangkap apalagi menyakiti satwa dilindungi itu.

Sekadar untuk diketahui, laporan dugaan kemunculan orangutan di Jalan Lingkar Kota Selatan ini bukan hanya pertama ini. Sebelumnya warga melaporkan pohon kelapa milik warga di kawasan itu di ditemukan acak-acakan, bulan Agustus lalu. 

Petugas meyakini pelaku perusakan itu adalah orangutan. Petugas telah melakukan observasi namun setelah dilaporkan, gangguan orangutan tak terjadi lagi. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru