Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencarian Penumpang Kapal KM Kirana I Lompat ke Laut Dihentikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 Oktober 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS,Pangkalan Bun - Operasi pencarian penumpang yang melompat dari Kapal KM Kirana I di perairan 14 Mil Tanjung Puting, Teluk Kumai, resmi dihentikan setelah 7 hari digelar. Hingga kini, keberadaan penumpang tersebut masih belum ditemukan atau nihil, Rabu, 20 Oktober 2021.

Kasubsi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Palngka Raya, Adiandy Salman mengatakan, bahwa evaluasi terakit pencarian penumpang Kapal KM Kirama I selama 7 hari, bersama KSOP, PMI, BPBD dan Polairut di Pos SAR telah dihentikan.

"Sampai kemarin, Selasa, 19 Oktober 2021, memasuki hari ke 7, sesuai SOP Basarnas dan kesepakatan Tim Sar Gabunga, serta keluarga korban pencarian di hentikan, untuk hasil nihil," kata Adiandy Salman saat dikonfirmasi Borneonews.

Lanjutnya, bahwa operasi pencarian dihentikan bukan ditutup, sehingga di lanjutkan dengan pemantauan, seandainya ada tanda tanda korban di temukan Ops SAR bisa di buka kembali.

"Jadi apabila kita mendapatkan informasi terkait yang bersangkutan, tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan pencarian lagi," ungkapnya.

Saat melakukan pencarian, Tim SAR gabungan juga telah menyampaikan kepada para nelayan dan kapal-kapal yang melintas di area tersebut, agar segera melapor apabila melihat maupun menemukan korban.

Ditambahkan, kendala yang dihadapi dalam pencarian tersebut karena faktor kondisi cuaca di wilayah perairan tersebut. Sehingga menyulitkan tim gabungan melakukan pencarian.

"Dilapangan kami mendapati beberapa kendala terutama cuaca yang kurang bersahabat dan berubah ubah, belum lagi gelombang tinghi dan angin," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru