Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Informasi Potensi dan Kondisi Produk Unggulan Daerah

  • Oleh Naco
  • 23 Oktober 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Suprianto menyebut, kebutuhan akan informasi yang akurat tentang potensi dan kondisi produk unggulan sangat diperlukan untuk melakukan analisis produk tersebut di suatu wilayah. 

Menurutnya, pemanfaatan potensi produk perlu dipertimbangkan agar tidak mengeksploitasi sumberdaya, tetapi lebih kepada upaya optimalisasi sumberdaya dengan tanpa mengorbankan sumber daya di masa mendatang .

Oleh karena itu, kata Suprianto, dalam pemandangan umum saat paripurna lalu, mereka merekomendasikan enam upaya penting yang perlu dilakukan pemerintah daerah dalam merumuskan produk hukum tentang produk unggulan Kabupaten Kotim.

Pertama, melakukan deskripsi jenis-jenis produk unggulan secara sistematis.

"Misalnya produk unggulan yang berkaitan dengan pertanian, pariwisata, kehutanan, perikanan, pertambangan dan tenaga kerja. Melakukan klasifikasi jenis-jenis produk unggulan secara sistematis, misalnya pengelompokan produk unggulan Kabupaten Kotim di bidang perikanan, pertanian, pariwisata," katanya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Kemudian, juga harus melakukan deskripsi setiap produk unggulan berada, yaitu melakukan deskripsi setiap produk unggulan yang sudah diklasifikasikan tersebut. 

Berikutnya, melakukan deskripsi jumlah ketersediaan produk unggulan, yaitu melakukan identifikasi dengan memberikan deskripsi berapa jumlah jenis produk unggulan yang sudah diklasifikasikan di setiap lokasi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Selain itu, juga perlu adanya deskripsi pengembangan produk unggulan, yaitu melakukan identifikasi dengan memberikan deskripsi pengembangan produk yang telah dikembangkan dengan orientasi pemikiran akan adanya nilai tambah terhadap produk unggulan tersebut. 

Serta juga perubahan-perubahan atas produk unggulan yang telah diidentifikasi, yaitu melakukan identifikasi dengan memberi deskripsi terhadap jenis produk unggulan  yang telah berubah. (NACO/B-7)

Berita Terbaru