Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas BKSA Kalteng Lakukan Pengecekan Buaya di Luwuk Kiiri Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Oktober 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah mendatangi dan mengecek seekor buaya yang diamankan warga Luwuk Kiri, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Seekor buaya jenis sapit ditemukan warga Luwuk Kiri, Yadi saat mengangkat alat perangkap ikan di Sungai Katingan pagi tadi. Buaya berwarna kuning dengan panjang sekitar 2 meter ini akhirnya berhasil dievakuasi ke darat atau atas dari Sungai Katingan, sehingga mengundang warga untuk menyaksikannya. Berita buaya yang diamankan warga Luwuk Kiri ini kemudian menyebar termasuk di media sosial atau medsos.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah, Nur Fatria Kurniawan melalui Kasi Wilayah I BKSDA Kalteng, Junaidi Slamet Wibowo saat mengecek keberadaan buaya di Luwuk Kiri menuturkan, buaya yang ditemukan itu bakal dievakuasi ke habitatnya.

"Rencananya buaya yang ditemukan warga Luwuk Kiri Katingan ini akan dievakuasi di habitat awal ditemukan, namun kami akan cari anak sungai yang aman dari aktivitas masyarakat," kata Junaidi Slamet Wibowo.

Menurutya, buaya yang ditemukan warga Luwuk Kiri ini adalah jenis buaya sapit dengan ukuran panjang sekitar 2 meter dan umur seiitar 4 tahun. "Kami berharap jika ada warga menemukan kejadian serupa mungkin langsung bisa dilapor ke BKSDA sehingga kita bisa mendampingi pelepasannya di alam," ujarnya.

Sementara itu, menurut Yadi, warga Luwuk Kiri yang menemukan buaya tersebut, dirinya sempat terkejut saat mengangkat perangkap ikan pangilar di Sungai Katingan.

"Pangilar itu kita pasang di hulu dari desa ini, dan setelah ada buaya di dalamnya kita langsung tarik dekat kampung," ujarnya. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru