Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk Unggulan Harus Mampu Bersaing Secara Global

  • Oleh Naco
  • 25 Oktober 2021 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso  mendukung adanya raperda tentang Produk Unggulan Daerah (PUD). 

Namun ia menekankan produk yang diunggulkan nantinya harus dikaji dan mampu  menghadapi beratnya persaingan global .

"Sehingga memiliki keunggulan kompetitif dan siap menghadapi persaingan global. Dalam bahan kajian strategi pengembangan wilayah berbasis agribisnis memaparkan produk unggulan atau komoditi unggulan itu merupakan hasil usaha masuarakat pedesaan dengan beberapa kriteria," kata Bima, Senin, 25 Oktober 2021.

Kriteria tersebut yakni harus mempunyai daya saing yang tinggi di pasaran atau memiliki keunikan atau ciri spesifik, kualitas bagus dan harga murah. 

Kemudian memanfaatkan potensi sumber daya lokal yang potensial dapat dikembangkan serta mempunyai nilai tambah tinggi bagi masyarakat perdesaan.

Secara ekonomi juga menguntungkan dan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan dan kemampuan SDM, dan layak didukung oleh modal bantuan atau kredit.

Menurutnya beberapa produk unggulan di Kotim saat ini adalah kelapa sawit, karet, kelapa, rotan, nanas, perikanan dan lain sebagainya.Bahkan potensi lahan di Kotim masih belum dimanfaatkan sepenuhnya bagi pengembangan komoditas pertanian.

Untuk dapat menggapai ketepatan pengembangan komoditas pertanian baik pilihan wilayah maupun jenis tanamannya, penataan wilayah pengembangan komoditas merupakan langkah yang dapat diambil.

"Penentuan wilayah ini akan memberikan gambaran kawasan mana yang akan dikembangkan dan jenis tenamannya sehingga ketertarikan secara ekonomis dengan kawasan pengembangan lebih jelas," tukasnya.

Selain itu dengan perencanaan yang berbasis kawasan pengembangan, maka penataan prasarana penunjang seperti transportasi untuk meningkatkan jangkauan pasar komoditas dapat dilaksanakan dengan baik. (NACO/B-6)

Berita Terbaru