Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Minta Pembangunan dan Pelaporan Tuntas Tepat Waktu

  • Oleh Hendri
  • 25 Oktober 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya  - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) mempercepat realisasi program yang telah dianggarkan baik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) dasar maupun perubahan di tahun 2021.

"Tujuannya adalah agar seluruh kegiatan Pemerintah Kota baik dalam bidang pemerintahan maupun pembangunan, bisa selesai tepat waktu sebelum tahun anggaran berakhir," ujar Fairid saat memimpin rapat LPPD, Senin 25 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, pada tahun anggaran 2021 ini Pemkao Palangka Raya telah mengalokasikan anggaran untuk belanja operasi, modal, belanja tak terduga dan transfer.

Ia mengakui beberapa kali anggaran daerah mengalami pergeseran atau refocusing untuk mendukung kegiatan penanganan pandemi Covid 19.

Sementara, pemerintah pusat selalu mendorong pemerintah daerah agar melakukan percepatan realisasi belanja APBD tahun 2021.

Realisasi belanja APBD diharapkan bisa menjadi stimulus pergerakan ekonomi masyarakat dan mendukung upaya pembangunan serta pemulihan ekonomi nasional dan daerah di tengah pandemi Covid-19.

"Belanja pemerintah termasuk belanja APBD mempunyai fungsi yang sangat strategis untuk mendorong pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi serta pencapaian kesejahteraan rakyat. Apalagi di masa pandemi Covid 19 seperti ini," jelasnya.

Arahan yang diberikannya adalah salah satu upaya untuk mengevaluasi capaian kinerja kegiatan. Evaluasi diharapkan menjadi pelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas capaian kinerja dan menemukan solusi jika ada kendala atau permasalahan.

"Kekurangan-kekurangan yang ada agar segera diperbaiki sehingga pada akhir tahun dapat tercapai output sesuai dengan perencanaan," bebernya.

Selain itu ia meminta jajaran kepala SOPD selaku pengguna anggaran agar bisa mengoptimalkan capaian-capaian kinerja sampai dengan akhir tahun anggaran 2021.

Berita Terbaru