Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kobar Ada Bangun Gedung Mirip Istana Merdeka

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Oktober 2021 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Karena kagum dengan bentuk bangunan dan ingin menumbuhkan jiwa nasionalisme pada siswa lembaga pendidikannya, sehingga inilah yang membuat Erik Munandar sengaja membuat gedung lembaga pendidikan Genius College mirip Istana Merdeka.

Bahkan Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah yang meresmikan gedung yang berlokasi di Jalan Arwana RT 13 Kelurahan Baru, Senin 25 Oktober 2021 kagum atas keunikan bangunan tersebut.

"Tadi setelah saya mendengar tujuan serta ide pembangunan gedung ini, tentunya patut di apresiasi. Menurut Pak Erik, bagian depan gedung ini sengaja dibuat mirip Istana Merdeka dan bagian sampingnya mirip Istana Negara," jelasnya.

Dengan keunikan ini menurut bupati bila ada masyarakat yang ingin belajar atau sekedar berfoto di Istana Merdeka tentunya tidak usah jauh jauh lagi.

"Paling tidak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar sudah ada bangunan yang mirip. Beberapa hari lalu, ketika melintas bangunan ini, saya juga sempat bertanya-tanya. Saya kira kantor apa. Ternyata gedung baru lembaga pendidika Genius Collage," jelasnya.

Sementara Erik Munandar pemilik gedung tersebut mengaku bahwa sudah lama ia ingin mewujudkan cita-cita membuat bangunan mirip Istana Negara.

"Desainnya sengaja saya gambar sendiri mengacu pada foto di internet. Bagian depan sengaja didesain seperti Istana Merdeka dan samping bangunan mirip Istana Negara," jelasnya.

Ia sendiri mengakui bahwa gedung yang dibangun selama 1 tahun 7 bulan tersebut tidak persis sama dengan kedua istana presiden RI tersebut.

"Perbedaannya dilihat dari jumlah anak tangga menuju lobi utama dan tentunya besar bangunannya jelas jauh berbeda. Paling tidak kemiripannya sudah mendekati," jelasnya.

Menurut Erik Munandar gedung seluas 819 M² ini sengaja dibangun dengan tujuan menanamkan nilai nasionalisme pada siswa lembaga pendidikan miliknya tersebut.

"Dengan belajar di gedung ini, paling tidak secara tidak langsung nilai-nilai nasionalisme diharapkan bisa masuk pada diri mereka. Karena itulah letak pemasangan Bendera Merah Putih, Lambang Negara Garuda Pancasila sengaja ditempatkan dititik yang sama pada Istana Presiden RI," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru