Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Peran Disdagperin Kalteng dalam Program Hilirisasi Industri

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Oktober 2021 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah memiliki peran penting dalam upaya hilirisasi industri di Kalteng.

Salah satu peranannya terkait support dalam hal dokumen usaha maupun dagang yang harus dimiliki oleh pelaku usaha.

“Kawasannya mungkin menjadi kendala kawasannya harus clear dulu. Kalau di industri itu dokumen yang diperlukan terkait pembangunan itu yang kita siapkan,” kata Kepala Disdagperin Kalteng, Aster.

Ia menjelaskan untuk keperluan lain ada di perangkat daerah terkait.  Seperti kewenangan kawasan ada di Dinas Kehutanan. Kemudian izin industri ada di Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Jadi mungkin nanti dalam rangka memberi izin, PTSP perlu misalnya rekom dari perindustrian nah itu kita kasih,” terangnya. Hilirisasi industri ini menjadi salah satu perhatian serius Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. 

Ia berharap upaya peningkatan added value atau nilai tambah pada seluruh komoditas potensial yang berasal dari hasil alam Kalteng.

Selain untuk meningkatkan produksi, teknologi juga harus tetap ditingkatkan untuk meningkatkan produktivitas, melakukan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan menghitung skala ekonomi dengan klasterisasi. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru