Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Kobar Pimpin Rapat Permasalahan Lahan antara Masyarakat Parit Cina dengan PT. BJAP

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Oktober 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wakil Bupati (Wabup) Kotawaringin Barat (Kobar) Ahmadi Riansyah memimpin rapat pembahasan antara masyarakat Parit Cina Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara (Aruta) dengan PT. Bangun Jaya Alam Permai (BJAP) terkait permasalahan lahan antara perusahaan tersebut dengan masyarakat. Acara berlangsung di aula Pemkan Kobar, Selasa, 26 Oktober 2021.

Usai rapat yang berlangsung tertutup ini, Wabup menyampaikan beberapa hal yang dibicarakan dalam rapat tersebut.

"Terdapat permasalahan yang dibicarakan, di antaranya dalam lahan HGU milik perusahaan terdapat lahan yang biasanya digunakan masyarakat memakamkan yang sudah meninggal. Lokasi lahan makam tersebut di RT 7 Kelurahan Pangkut atau Parit Cina," jelas Wabup.

Menurut Wabup, dari hasil mediasi diminta kepada perusahaan agar lahan tersebut bisa dihibahkan kepada masyarakat.

"Karena lahan tersebut bukan hanya digunakan warga Parit Cina untuk lahan pemakaman, namun juga digunakan oleh pihak perusahaan sebagai area pemakaman apabila ada karyawannya yang meninggal dunia," jelas Wabup.

Wabup menjelaskan, permasalahan kedua yang dibahas adalah konflik jalan atau akses menuju jalan RT 7 Parit Cina. 

"Karena daerah Parit Cina ini sudah ada dari tahun 80-an. Masyarakat bermukim di sana dulunya adalah masyarakat penambang. Akhirnya menetap di situ serta kemudian juga berkebun dan menanam sawit," jelas Wabup.

Namun, menurut Wabup, berdasarkan hal yang disampaikan masyarakat dalam pertemuan, jalan atau akses terdekat menuju Kelurahan Pangkut yang biasa digunakan masyarakat kemudian ditutup oleh perusahaan.

"Jalan tersebut kemudian dialihkan ke lokasi lain. Sehingga akses masyarakat menuju Kelurahan Pangkut menjadi lebih jauh. Tadi disampaikan bahwa masyarakat meminta agar akses jalan menuju Pangkut dikembalikan lagi ke jalan asal yang ditutup perusahaan," jelas Wabup.

Menanggapi hal tersebut, Wabup mengatakan pihaknya tadi menginstruksikan pada Camat terkait penyelesaian masalah itu.

Berita Terbaru