Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Tamiang Layang Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Ampah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Oktober 2021 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Satria Ampah, Selasa, 26 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Karutan Surya Dharma dengan didampingi Kasubsi Pengelolaan Rutan Tamiang Layang, Amrullah Zaini dan staf lainnya.

"Ini merupakan rangkaian peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke-76 Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, yang akan jatuh pada tanggal 30 Oktober 2021. Selain kegiatan ini, Kemenkumham juga mengadakan kegiatan lain seperti seminar nasional dan bakti sosial," ungkap Surya.

Dia menambahkan, ziarah dan tabur bunga dilaksanakan selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian diimplementasikan dan didayagunakan dalam mengatasi berbagai permasalahan.

"Sehingga semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal untuk mengatasi berbagai masalah dan sekaligus memacu guna mewujudkan tujuan dan harapan bersama," kata Karutan.


Menurutnya, para pahlawan telah mengorbankan harta dan nyawanya untuk meraih kemerdekaan yang dapat kita nikmati sekarang, karena itu mereka layak mendapatkan penghormatan atas pengorbanan tersebut.

"Tanah yang kita pijak dengan tegak ini menjadi saksi atas apa yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, sudah sepatutnya kita harus menghormati dan meneladani perjuangan para pahlawan dengan mengemban tugas sebagai ASN penuh tanggung jawab," tegas Surya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru