Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendag Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Ekspor

  • Oleh ANTARA
  • 26 Oktober 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kementerian Perdagangan menggelar kegiatan konsultasi bisnis (business counseling) secara virtual pada 25 Oktober-3 November 2021 untuk memberikan kemudahan informasi mengenai peluang pasar ekspor dan strategi memasuki pasar ekspor.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Trade Expo Indonesia (TEI) Digital Edition yang berlangsung pada 21 Oktober-4 November 2021.

"Business counseling merupakan rangkaian kegiatan di TEI yang ditujukan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melakukan konsultasi dengan para perwakilan perdagangan di luar negeri," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Didi menyampaikan, kegiatan tersebut memberi gambaran peluang pasar dan potensi produk Indonesia serta regulasi diperlukan oleh UKM untuk dapat menembus pasar tersebut.

Didi menambahkan, meskipun masih di masa pandemi dan terdapat pembatasan fisik di berbagai sektor, Kemendag akan terus berupaya mendorong peningkatan ekspor nonmigas Indonesia dengan bermacam cara. Salah satunya lewat business counseling yang dilaksanakan secara virtual ini.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, para pelaku usaha diharapkan dapat berkonsultasi mengenai kondisi ekspor terkini dan para perwakilan perdagangan di luar negeri dapat menyampaikan informasi peluang serta strategi menghadapi pesaing dalam memasuki pasar ekspor," pungkas Didi.

Selain perwakilan perdagangan, diaspora RI di beberapa negara juga turut berperan aktif dalam memberikan informasi mengenai kiat menembus pasar ekspor dan hal-hal teknis dalam memasuki pasar ekspor.

Untuk informasi selengkapnya mengenai keikutsertaan dalam business counseling, dapat mengunjungi situs web TEI Digital Edition di http://www.tradexpoindonesia.com/ atau melalui akun Instagram Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Kemendag (@ppei.kemendag).

Adapun kegiatan business counseling ini terbagi menjadi tujuh wilayah, yaitu Asia Tenggara (Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina) pada Senin (25/10), Asia Timur (Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan) pada Selasa (26/10), Timur Tengah (Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Turki) pada Rabu (27/10).

Kemudian, Asia dan Australia (India, Singapura, dan Australia) pada Kamis (28/10), Amerika (Amerika Serikat, Kanada, Chili, dan Meksiko) pada Senin (1/11), Eropa (Belanda, Italia, dan Spanyol) pada Selasa (2/11), serta Afrika (Mesir, Nigeria, dan Afrika Selatan) pada Rabu (3/11).

ANTARA

Berita Terbaru