Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Covid-19 Meningkat, Awas!! Kobar Bisa Naik Level PPKM

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Oktober 2021 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang cenderung alami kenaikan, maka masyarakat diajak untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, jika kasus Covid-19 di Kobar terus alami kenaikan, tidak menutup kemungkinan status PPKM bisa naik level dari yang saat ini berada di level II.

Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat, Tengku Alisyahbana mengakui, peningkatan kasus Covid-19 di Kobar lantaran masyarakat dinilai abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Status level II dianggap masyarakat sudah landai, sehingga abai dalam prokes, selain itu juga kebijakan wisata, UMKM dan keagamaan yang sudah menggeliat merupakan faktor lainnya," ujarnya.

Ia menegaskan bila kasus Covid-19 kembali naik, maka konsekuensinya status Kabupaten Kobar yang sudah level II tentu akan kembali naik ke level III.

Untuk itu guna mengantisipasi sejak dini, maka strategi Satgas Covid-19 sesuai perkembangan terkonfirmasi positif yang naik akan melakukan penguatan PPKM baik di tingkat desa dan kecamatan.

Selain itu evaluasi kebijakan PTM  apabila terdapat kasus terkonfirmasi sesuai aturan SE akan dilakukan daring kembali. Begitu pula dengan kebijakan satgas terkhusus pemberian rekomendasi giat acara yang berpotensi mengundang kerumunan akan dikurangi kembali.

"Kalau masyarakat terus abai dalam prokes maka kita akan perketat kembali kebijakan PPKM dan mengurangi pemberian rekomendasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kobar Jhonferi Sidabalok mengakui bahwa kasus Covid-19 saat ini trendnya mengalami kenaikan. Namun hal itu juga terjadi di kota-kota besar di Jawa bahkan secara nasional.

"Ini menandakan bahwa Covid-19 masih ada dan kita diperingatkan akan datangnya gelombang ke tiga dengan adanya varian baru," bebernya.

Terlebih, Kobar merupakan salah satu pintu masuk Kalimantan Tengah yang memiliki akses langsung dengan pulau Jawa dan Jakarta, dan hal tersebut berpotensi bahwa di Kobar  akan terjadi peningkatan kasus dengan cepat, apalagi banyak warga Kobar dan pendatang yang masuk Kalteng melalui Kobar.

Berita Terbaru