Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Masyarakat Untuk Bertani di Barito Utara Meningkat

  • Oleh Ramadani
  • 27 Oktober 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Minat masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk bertani semakin meningkat. Begitu pula para petani atau kelompok tani yang semakin mengembangkan usaha taninya.

Kepala Dinas Pertanian barito Utara, Syahmiludin A Surapati menyebutkan bahwa minat petani maupun kelompok tani di Kabupaten Barito Utara untuk menekuni budidaya jagung Hibrida skala bisnis sudah semakin besar.

Sentra-sentra produksi jagung Hibrida kini semakin bermunculan, tidak hanya ada di daerah yang merupakan eks desa transmigrasi saja, tapi juga sudah dengan mudah ditemui di desa-desa dengan petani asli lokal.

“Ternyata dengan modal semangat dan kesungguhan untuk betul betul menekuni usaha  tani telah membuktikan bahwa keterampilan petani lokal bisa menyamai saudara-saudara kita petani pendatang yang memang telah memiliki skill dan pengalaman dalam berusaha tani,” ungkap Syahmiludin.

Sehingga, kata dia, tidak berlebihan bila saat ini Kabupaten Barito Utara semakin dikenal luas sebagai sentra produksi jagung Hibrida terbesar di wilayah Kalteng. Bahkan, sudah masuk data sebagai penghasil jagung Hibrida di Kementan RI.

“Keberhasilan ini tentunya tidak dicapai dengan mudah dan instan tapi melewati proses yang cukup panjang melalui program dan kegiatan yang secara konsisten dilaksanakan dan didukung penuh oleh Bupati Barito Utara, Pemkab Barito Utara, Kementan RI, Distan Provinsi Kalteng, jajaran Dinas Pertanian Barito Utara, penyuluh/tenaga teknis pertanian, BPP dan petani/poktan,” tuturnya. ungkapnya.

Menurutnya, sistem pembangunan pertanian yang secara konsisten mengintegrasikan industri hulu dan hilir ternyata mampu menunjang keberhasilan program pembangunan. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru