Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya Minta Pemko Sosialisasikan Perpustakaan Digital

  • Oleh ANTARA
  • 28 Oktober 2021 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat menggencarkan sosialisasi operasional perpustakaan digital guna memperkuat budaya baca masyarakat di daerah itu.

"Kami sangat mendukung program ini, karena sudah beroperasi maka tinggal meningkatkan sosialisasi agar semakin dikenal dan dimanfaatkan secara luas," katanya, Rabu 27 Oktober 2021.

Dia mengatakan sosialisasi dapat dilakukan seperti dengan turun langsung ke sekolah-sekolah, universitas, komunitas, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, serta melalui jaringan media sosial.

Mulai dioperasionalkan perpustakaan digital oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan "Kota Cantik" itu, dapat meningkatkan budaya baca serta literasi, terutama di kalangan anak sekolah dan mahasiswa.

Keberadaan perpustakaan digital tersebut juga dinilai sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Selain itu juga sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mengharuskan adanya pembatasan aktivitas masyarakat.

"Untuk itu kehadiran perpustakaan digital juga menjadi solusi peningkatan literasi di tengah pandemi. Melalui perpustakaan digital masyarakat tetap dapat membaca dan memperkaya pengetahuan tanpa menimbulkan kerumunan saat kondisi pandemi ini," katanya.

Untuk itu dia meminta kesiapan sumber daya manusia pengelola perpustakaan digital juga terus ditingkatkan sehingga mampu terus berinovasi dan kreasi meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat melalui digitalisasi berbagai sumber bacaan.

"Bila diperlukan pengelola perpustakaan digital diberi pelatihan khusus agar pengelolaan program tersebut semakin maksimal," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Ia juga mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Palangka Raya dapat jemput bola dan bersinergi dengan pemerintah pusat, salah satunya Perpustakaan Nasional, sebagai upaya meningkatkan budaya baca dan literasi di kalangan generasi muda.

Perpustakaan digital salah satu program peningkatan layanan dan upaya peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat.

Berita Terbaru