Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Keluarga Harapan dan BPNT di Katingan Tahun 2022 Berlanjut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Oktober 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kabar gembira bagi warga masyarakat terutama di Kabupaten Katingan. Paslnya Program Keluarga Harapan atau PKH dan program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT pada tahun 2022 mendatang bakal berlanjut. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Katingan,  Elmon Soanturi,  Kamis,  28 Oktober 2021.

"Perlu saya sampaikan kalau program PKH dan BPNT ini masih berkelanjutan di Kabupaten Katingan untuk tahun 2022, " ujarnya. 

Bahkan,  menurut Elmon Sianturi, pihaknya sejauh ini senantiasa melakukan penambahan usulan data penerima bantuan sosial dua program tersebut. 

Ia menjelaskan saat ini jumlah penerima PKH di Katingan sebanyak 4.107 keluarga penerima manfaat atau kpm,  sementara untuk BPNT sebanyak 4.536 kpm. "Bisa saja jumlah penerima yang BPNT tahun 2022 nanti bertambah menjadi 8.000 kpm karena adanya usulan penambahan itu, " ujarnya. 

Namun demikian,  sebut Elmon Sianturi ada mekanisme pengusulan kpm penerima PKH itu., yakni adalah data yang didapat dari desa.

Data itu dari operator yang ada di desa melalui mekanisme yang sudah ditentukan, lalu diusulkan masuk di didalam aplikasi BPKS.

"Dinas Sosial selanjutnya melakukan verifikasi data-data tersebut,  lalu kita melalui penetapan kepala daerah coba usulkan melalui pusdatin, sebuah pusat data dan informasi milik Kementerian Sosial," kata Elmon Sianturi. 

Selanjutnya Kementeruan Sosial melalui pusdatin itu yang menetapkan apakah data usulan teraebut diterima atau tidak.

"Kita tetap usulkan penambahan, data kita sampaikan setiap portalnya dibuka, hanya saja diterima atau tidaknya adalah hak prerogatif mereka,  karena mereka memiliki hak untuk merima dan menolak," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru