Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Lepas Liarkan Kucing Hutan ke Habitat Aslinya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 30 Oktober 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Pos Jaga Sampit melepasliarkan kucing hutan atau kucing kuwuk yang sebelumnya diserahkan warga  Kota Besi. Kini kucing hutan itu telah kembali ke habitat aslinya. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah mengatakan, kucing tersebut baru dua hari dirawat oleh warga. Sehingga menurutnya lebih baik segera dilepasliarkan sebelum kucing tersebut terbiasa dirawat dan tidak bisa mandiri di hutan.

"Kucing dalam keadaan sehat dan tidak ada luka. Selain itu kucing itu juga masih menunjukkan sifat liarnya. Makanya langsung kami lepas liarkan di hutan sekitar," kata Muriansyah, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Ditambahkan Muriansyah, kucing itu juga terlihat gelisah atau stres di dalam kandang. Seakan tak sabar untuk kembali ke tempat atau habitatnya di hutan. 

"Saat sampai ke hutan, kami membuka kandang, kucing tersebut langsung melompat keluar. Artinya kucing tersebut memang ingin kembali ke habitatnya," ujarnya. 

Sebelumnya, kucing itu ditemukan Dicy, warga Kecamatan Kota Besi, beberapa hari lalu. Kucing masuk ke dalam bengkel miliknya, diperkirakan jauh tersesat ke dalam kota.

Mengetahui kucing hutan termasuk satwa yang dilindungi Undang-Undang, warga bersangkutan menghubungi aktivis pecinta hewan lalu dilanjutkan ke BKSDA. BKSDA pun langsung menyelamatkan kucing tersebut. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru