Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi tak Halangi Mahasiswa FMIPA UPR Raih Prestasi Nasional

  • Oleh Tim Borneonews
  • 02 November 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mencetak prestasi di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Tim tersebut terdiri dari Reliana Romaito Sitinjak, Artha Karunia Gresiana Siregar, dan Midun Efendi Patar Sihombing yang merupakan mahasiswa program studi Kimia Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Palangka Raya.

Tim berhasil membawa nama Universitas Palangka Raya ke kancah Nasional ini dibimbing Dosen Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya Rendy Muhamad Iqbal, S.Si., M.Si. 

Kompetisi tingkat nasional ini diikuti 40 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, dan Universitas Palangka Raya berhasil lolos ke babak final yang terdiri dari 6 tim terpilih. Kegiatan tersebut dilakukan secara online akibat adanya pandemi COVID-19.

Presentasi finalis dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom.  Pada tanggal 31 Oktober, seluruh finalis mengikuti kegiatan presentasi sekaligus tanya jawab oleh juri yang menjadi tombak utama dalam penilaian akhir dan pengumuman pemenang LKTIN Kimia UNESA 2021 pada tanggal 31 Oktober melalui postingan akun Instagram Himpunan Mahasiswa Kimia UNESA. 

Tim dari Universitas Palangka Raya berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 3. Adapun topik karya tulis yang membawa tim Universitas Palangka Raya mencetak prestasi tersebut adalah “SINTESIS NANO-CaTiO3 DARI CANGKANG KERANG CERITHIDEA OBTUSA UNTUK PRODUKSI GAS HIDROGEN MELALUI MEKANISME PHOTOCATALYTIC WATER SPLITTING SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN”. 

Dosen Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya Rendy Muhamad Iqbal, S.Si., M.Si.
Dosen Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya Rendy Muhamad Iqbal, S.Si., M.Si.

Sebagai informasi tambahan Juara 1, Juara 2 dan Best Presentation secara berturut turut diraih oleh Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh November. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Palangka Raya mampu bersaing dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi ternama di Indonesia dan mengharumkan nama Universitas Palangka Raya di tingkat Nasional. (*/B-5)

Berita Terbaru