Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Desa Pangkan Ini Kembangkan Nilam di Antara Tanaman Kakao

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 November 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Meski usianya tidak muda lagi, Samsian (57) termasuk petani yang kreatif. Di kebun seluas 2 hektare, anggota Kelompok Tani Pangkan Jari Desa Pangkan Kabupaten Barito Timur ini mulai mengembangkan Nilam sebagai tanaman tumpang sari pada sela-sela pohon kakao.

Nilam mungkin masih asing bagi sebagian besar masyarakat karena tumbuhan ini bukanlah jenis tanaman pangan. Namun Nilam yang memiliki nama latin Pogostemon Cablin dan termasuk tumbuhan semak tropis ini merupakan penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam serta memiliki harga jual yang tinggi.

Minyak yang harganya mencapai Rp 400 ribu per liter tersebut biasa diolah menjadi parfum, bahan dupa, minyak atsiri, antiserangga hingga bahan kosmetik.

Sifat Nilam yang menyukai suasana teduh, hangat dan lembab membuatnya mudah tumbuh dengan baik di sela-sela tanaman kakao milik Samsian.

"Rumput saya bersihkan, lalu saya tanam Nilam ini sebagai pengganti rumput," ungkap Samsian saat ditemui Borneonews di kebunnya, Selasa, 2 November 2021.

Dia mengisahkan, awalnya mendapatkan Nilam sebanyak dua pot dari seorang teman di Kota Ampah. Nilam tersebut kemudian dikembangkan atau diperbanyak dalam bentuk stek.

Sekalipun kebunnya yang ditumbuhi Nilam sudah cukup luas namun Samsian belum tertarik untuk menjual karena akan dijadikan bibit untuk meningkatkan luas tanam.

"Saya mau masih mau mengembangkan dulu, makanya saya mohon dari dinas pertanian supaya mendampingi kami agar berhasil," ujarnya.

Meski belum pernah menjual, pria paruh baya yang juga menanam karet dan jengkol di kebun yang sama ini, mengaku harga jual daun Nilam segar beserta batangnya saat ini Rp 5.000 per kilogram.

"Pengepulnya di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, kalau pengepul lokal belum ada," ungkapnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru