Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pertanian Jadi Fokus Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 November 2021 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengatakan, sektor pertanian menjadi fokus utama pembangunan ekonomi kerakyatan di daerah calon penyangga logistik pangan ibu kota negara.

"Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting untuk menopang kehidupan masyarakat di daerah kita karena pada sektor inilah sebagian besar masyarakat Barito Timur menggantungkan usahanya," kata Bupati di Tamiang Layang, Kamis, 4 November 2021.

Karena itu, Ampera memandang penting untuk terus membangun, membina dan mendampingi semua kegiatan di sektor pertanian guna memastikan bahwa sektor ini dapat terus berkembang dan maju demi terwujudnya masyarakat Barito Timur yang sejahtera.

"Salah satu pembangunan sektor pertanian yang dilakukan oleh Pemkab Barito Timur yakni pengembangan jagung pakan karena budidaya komoditi ini memiliki prospek yang baik dan menguntungkan bagi petani," ujarnya.

Prospek tersebut juga ditunjang oleh kondisi lahan dan adanya pabrik pakan ternak di daerah setempat yang menyerap hasil panen jagung dari petani.


"Bahkan kedepannya pemerintah kabupaten berencana untuk membangun pabrik pengolahan pakan ternak yang bahan baku utamanya dari hasil panen jagung pakan ini sehingga diharapkan usaha budidaya komoditi ini dapat lebih berkembang serta harga jualnya juga meningkat," ungkapnya.

Ampera menambahkan, untuk menunjang produktivitas pertanian pada tahun 2021 Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian juga menganggarkan pengadaan mesin pertanian untuk membantu kelompok tani dalam membuka lahan.

Meski demikian Bupati mengingatkan kepada kelompok tani agar mematuhi peraturan pemerintah yang berlaku dalam pembukaan lahan serta memperhatikan kearifan lokal sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

"Dalam pelaksanaannya nanti saya harapkan kelompok tani didampingi oleh penyuluh dan aparat desa sehingga bantuan peralatan mesin tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang usaha," pesan Bupati. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru