Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Lamandau Kaji Banding Strategi Pelayanan dan Inovasi di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 November 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas menerima kunjungan kerja (kunker) dari Disdukcapil Kabupaten Lamandau.

Rombongan dari Disdukcapil Lamandau yang dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pera Krithuni Yulianto, diterima langsung oleh Plt Kepala Disdukcapil Kapuas, Sipie S Bungai.

Kunker tersebut bertujuan saling bertukar informasi atau kaji banding berkaitan dengan strategi pelayanan, inovasi dan pengelolaan arsip digital di kantor Disdukcapil.

Sipie S Bungai menyambut baik kunker tersebut. Ia kemudian memaparkan terkait kondisi dan strategi pelayanan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Kapuas.

"Kami sangat bahagia sekali menerima kunjungan kerja dari Disdukcapil Lamandau, dan untuk diketahui bersama Kabupaten Kapuas ini terdiri atas 17 kecamatan, 17 kelurahan dan 214 desa, sehingga jangkauan pelayanan Disdukcapil sendiri itu sangat luas," kata Sipie, Jumat, 5 November 2021.

Sipie menambahkan, terkait strategi dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat adalah kerja sama tim dan adanya inovasi-inovasi kegiatan sehingga benar-benar menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas.

"Salah satu inovasi yang kami jalankan selama ini adalah pelayanan jemput bola SIMPUN yang mana SIMPUN artinya "Sekali Muhun Uras Dinun" yang artinya sekali turun pelayanan, masyarakat mendapatkan semua dokumen kependudukan, dan ini sudah kami terapkan pada desa-desa yang di 17 kecamatan ini," bebernya.

Sebelumnya, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapi Lamandau, Pera Krithuni Yulianto, menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penjelasan-penjelasan terkait strategi pelayanan dan inovasi Disdukcapil Kapuas dan berharap agar kiranya kelak Disdukcapil Kapuas juga bisa melakukan kunjungan kerja ke Disdukcapil Lamandau. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru