Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Desa di Kecamatan Cempaga Hulu Jadi Lokasi Fokus Penanganan Stunting

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 November 2021 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dua desa di Kecamatan Cempaga Hulu, yakni Desa Pelantaran dan Desa Tumbang Koling, kini menjadi lokasi fokus penanganan stunting di Kotawaringin Timur pada tahun 2021 ini. 

Pemerintah dua desa itupun melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan berkoordinasi tentang asupan gizi untuk anak dan bayi di bawah umur lima tahun . 

"Kemarin kami sudah rapat. Ini salah satu upaya dalam menangani stunting di daerah ini. Terutama untuk perbaikan asupan gizi terhadap balita," kata Camat Cempaga Hulu, Ubaidillah, Jumat, 5 November 2021.

Rapat koordinasi melibatkan pemerintah desa, kader posyandu, kades pembangun masyarakat desa, puskesmas setempat dan petugas gizi dari puskesmas setempat. 

Dalam rapat koordinasi tersebut juga ada  sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya asupan gizi terhadap tumbuh kembang anak. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat arti pentingnya asupan gizi pada pertumbuhan anak. Selain itu juga  meningkatkan kesadaran ibu-ibu yang mempunyai balita agar rutin ke posyandu.

"Pembinaan kepada kader posyandu terkait menu makanan untuk balita yang sesuai dengan standar. Serta kesehatan bagi tumbuh kembang anak," ujarnya. 

Untuk diketahui, Kecamatan Cempaga Hulu, termasuk daerah yang memiliki kasus stunting masih tinggi. Pada tahun 2020 mencapai 27 persen, pada tahun 2021 ini turun menjadi 16 persen.

Berdasarkan angka rata-rata, Cempaga Hulu tahun 2020 ada di angka 28, sedangkan rata-rata kabupaten 27. Demikian di tahun 2021 Cempaga Hulu di angka 16 dengan rata-rata kabupaten 23. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru