Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ULM Presentasi dengan Kemenkeu Menuju Penetapan BLU

  • Oleh ANTARA
  • 06 November 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menyiapkan presentasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai tahap akhir menuju penetapan Badan Layanan Umum (BLU).

"Rencananya presentasi dilakukan secara daring dari rektorat saja," kata Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan ULM Dr Achmad Syamsu Hidayat di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia,  seluruh dokumen sebelumnya sudah mendapat tinjauan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta tim BLU Kemenkeu.

"Insya Allah akhir tahun ini sudah dapat penetapannya. Mohon doa seluruh civitas akademica agar semuanya lancar dan hasilnya sesuai harapan bersama," tutur Syamsu mewakili Rektor ULM Prof Sutarto Hadi.

Diakuinya pula, penyiapan menuju perubahan status PTN Satker PNBP menjadi PTN Satker BLU menjadi prioritas saat ini.

ULM optimistis mendapatkannya berbekal penerimaan PTN dengan akreditasi institusi A itu sudah layak menjadi BLU.

Diketahui ULM memperoleh Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di atas Rp250 miliar per tahunnya.

Setiap tahunnya, penerimaan ULM yang memiliki lebih dari 30 ribu mahasiswa selalu lebih tinggi dari DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran).

Dijelaskan Syamsu, banyak keuntungan  PTN Satker BLU terutama dalam hal fleksibilitas penggunaan anggaran.

Jumlah simpanan ULM yang ditaksir lebih dari Rp 500 miliar di kas negara dan jika anggaran kelebihan itu bisa dimanfaatkan maka dapat mendukung pembangunan untuk kemajuan kampus yang berlokasi di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru itu.

ANTARA

Berita Terbaru