Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Personel Damkar Kobar Kurang Ideal Jika Dibandingkan Luas Wilayah Tugas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 November 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jumlah personel Damkar Kobar masih tergolong kurang, bila dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang mencapai 10.759 Km².

Kabid Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Kobar Kobar, Dwi Agus Suhartono, Sabtu, 6 November 2021 mengatakan hal tersebut lantaran saat ini jumlah personel Damkar Kobar hanya 26 orang.

"Tentunya bila dibandingkan luas wilayah, jumlah personel tersebut masih kurang. Jarak yang cukup jauh serta kendala akses jalan yang terkadang kurang baik, tentunya merupakan hal yang harus kami hadapi," kata Dwi Agus Suhartono.

Terlebih, sejak 2019 pihaknya juga mendapat tugas baru di bidang penyelamatan orang dan hewan.

"Karena saat ini masih kekurangan personel, sejak Oktober 2021 diambil langkah membentuk barisan pemadam kebakaran yang terdiri dari unsur masyarakat yang bersedia menjadi relawan," katanya.

Dia menambahkan, saat ini sudah ada 3 kelompok relawan yang dibentuk guna membantu penanganan kebakaran di kawasan permukiman maupun kebakaran hutan dan lahan.

"Tiga barisan relawan kebakaran yang sudah dibentuk di Kecamatan Arut Selatan yaitu Huma Singgah Itah, Kelurahan Mendawai, kemudian relawan di Kelurahan Baru dan ketiga Manggala Yudha, Desa Kumpai Batu Bawah," imbuhnya.

Meskipun personel relawan tersebut rata-rata berjumlah puluhan orang, namun tetap saja masih belum mencukupi jika dibandingkan dengan luas wilayah.

"Tentunya mereka memerlukan dukungan pemerintah, terutama dalam hal peralatan. Pastinya sejak ada para relawan tersebut, Damkar Kobar mendalat bantuan tenaga pendukung sebanyak 76 orang. Saya rasa jumlah tersebut cukup, untuk mengakomodir Kabupaten Kobar. Namun tentunya diperlukan dukungan anggaran untuk mendukung kegiatan dilapangan," pungkas dia. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru