Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Pulang Pisau Gelar Festival Budaya Secara Virtual

  • Oleh Asprianta
  • 08 November 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Guna menghidupkan kembali gairah pelaku seni budaya untuk tetap berkreasi, mencipta dan menjalin kebersamaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau kembali menggelar Festival Budaya Handep Hapakat.

Festival yang dipusatkan di Aula Gedung PKK Pulang Pisau, yang dibuka secara langsung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau yang diikuti peserta secara virtual.

"Tahun kemarin kegiatan ini sempat tidak dilaksanakan kerena pandemi. Saat ini kita gelar kembali. Mudahan kedepan dapat dilaksanakan rutin kembali," ucap Kepala Disbudpar Pulpis Bakzar Effendi.

Dalam sambutanya, Bakzar mengatakan tujuan festival Budaya Handep Hapakat untuk menghidupkan dan menumbuhkan kembali kecintaan terhadap seni budaya adat istiadat Kalteng terkhusus Pulang Pisau. 

Kepada wartawan Bakzar UndangUndang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan, mengamanatkan Pemerintah Daerah wajib hadir dalam hal memelihara, menjaga, melindungi, merawat serta melestarikan budaya adat istiadat dan kesenian yang dimiliki.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan dan menumbuhkan kembali kecintaan terhadap seni budaya adat istiadat Kalteng terkhusus Pulang Pisau," katanya.

Bakzar mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam rangka pemajuan kebudayaan melaksanakan event tahunan, yakni Festival Budaya Handep Hapakat secara virtual yang tiada lain bertujuan untuk melaksanakan perintah Undang-Undang tersebut. 

“Festival Budaya Handep Hapakat ini melombakan Lawang Sakepeng, Tari Kreasi Kinyah Mandau, Karungut, dan Badeder/Deder serta Sansana Bandar/Mansana," ungkapnya. 

Bakzar sapaan akrabnya barharap dengan dilaksanakannya Lomba dalam Festival Budaya Handep Hapakat ini dapat menghidupkan kembali kecintaan masyarakat seni terhadap seni budaya daerah. Kepada para pelaku seni budaya daerah untuk tetap berkarya dan berkreasi menciptakan seni-seni budaya baru. 

“Melalui event Festival Budaya Handep Hapakat dapat menghidupkan kembali pelaku seni untuk berkarya dan mencipta serta berkreasi sehingga Budaya Handep Hapakat tetap terjaga dan terpelihara dengan baik," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru