Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Tiwah Harus Terus Dijaga dan Lestarikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 November 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan bahwa ritual Tiwah milik suku Dayak, terutama umat Kaharingan, harus terus dijaga dan dilestarikan.

"Apa yang menjadi suatu tradisi dan ritual di Kalimantan Tengah harus terus diaktualisasikan, didukung dan dijaga. Termasuk ritual Tiwah. Karena sebelum pandemi Covid -19, setiap pelaksanaan ritual Tiwah selalu mengundang banyak perhatian wisatawan mancanegara," kata Guntur kepada Borneonews pada Selasa, 9 November 2021.

Menurut Guntur, sungguh membangggakan bagi suku Dayak karena hingga saat ini mampu menjaga dan memelihara beragam tradisi atau ritual, upacara ritual Tiwah salah satunya.

"Pertanyaannya sekarang, apakah ritual Tiwah yang konon hanya ada satu-satunya ritual di muka bumi ini, selain mampu dilestarikan, juga mampu memikat daya tarik banyak orang untuk melihat dan mengikuti pelaksanaannya," ujarnya. 

Hal inilah yang menurut Ketua Umum Kerukunan Warga OT Danum atau KWOD Kalimantan Tengah ini menjadi tantangan dalam pelestarian adat dan budaya daerah. Namun, dalam setiap pelaksanaan ritual Tiwah selama ini, selalu mampu mengundang perhatian masyarakat luas.

"Bahkan baru-baru ini saya juga menghadiri pelaksanaan upacara ritual Tiwah massal di Desa Tumbang Korik Kecamatan Kahayan Hulu Utara Kabupaten Gunung Mas," ceritanya.

Guntur menambahkan, upacara ritual Tiwah merupakan acara keagamaan umat Hindu Kaharingan yang sejauh ini telah mendapat perhatian dan dukungan pemerintah. Ritual itu selain menjadi acara keagamaan Hindu Kaharingan, juga diharapkan bisa memberi pesona daya tarik wisatawan. 

"Kalteng perlu berbangga karena ritual Tiwah, sejauh ini sudah masuk Calender of Even atau CoE Kemenpar, sehingga setiap pelaksanaannya selalu mendapat perhatian dan dukungan pemerintah dan masyarakat," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru