Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi, Predator Ganas Muncul di Sungai Mentawa di Tengah Kota Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 November 2021 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabar kemunculan buaya mendekati permukiman warga di Sampit, Kotawaringin Timur, terjadi lagi. Kali ini buaya muncul di Sungai Mentawa, yang letaknya berada di tengah kota. 

"Kami menerima laporan lanjutan dari dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan yang diterima dari warga bahwa terjadi kemunculan buaya pada Senin, 8 November 2021, sekitar pukul 9 pagi," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 11 November 2021. 

Lokasi kemunculan buaya di sekitar Jalan Teratai 5, Sungai Mentawa (anak Sungai Mentaya) di samping kantor dinas pekerjaan umum di Jalan HM Arsyad, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Muriansyah mengakui kemunculan buaya di sekitar perairan ini bukan pertama ini terjadi. Sekitar setahun lalu di muara sungai tersebut, warga sempat menangkap seekor buaya berukuran setengah meter. Sayangnya, saat akan diserahkan ke BKSDA, buaya tersebut lepas kembali.

Tak hanya itu, di sungai yang sama sekitar Pondok Pesantren Darul Amin dan Panti Asuhan Borneo, warga menangkap seekor buaya berukuran 1 meter. Buaya itu menyambar pancing warga dan segera diserahkan ke BKSDA.

Sungai Mentawa merupakan  anak Sungai Mentaya. Sungai ini letaknya di tengah Kota Sampit. Banyak aktivitas masyarakat di sepanjang sungai sekunder itu. Selain permukiman di aliran sungai ini juga banyak kawasan pertanian masyarakat. 

"Kami imbau warga agar lebih berhati-hati ketika beraktivitas di sekitar sungai. Dan meningkatkan pengawasan pada anak yang sering bermain di sungai," tandas Muriansyah. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru