Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Gelar Peringatan Hari Pahlawan di Desa Terujung

  • Oleh ANTARA
  • 11 November 2021 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peringatan Hari Pahlawan  2021 di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena kali ini dilaksanakan di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang, yang merupakan desa paling ujung kabupaten ini.

"Kita juga ingin saudara-saudara di desa-desa turut merasakan suasana peringatan Hari Pahlawan. Ini juga sebagai bentuk upaya 
 mengenang jasa pahlawan, termasuk pendahulu di daerah kita ini," kata Bupati Halikinnor, Kamis.

Perlu perjuangan untuk mencapai Desa Tumbang Gagu. Dibutuhkan waktu tempuh lebih dari lima jam untuk mencapai desa tersebut, terlebih saat musim hujan  jalan menjadi becek dan licin sehingga perjalanan semakin berat dan lama.

Terbukanya jalan darat ke desa ini pada tahun ini sangat disyukuri warga setempat. Sebelumnya, desa ini harus dicapai melalui jalur sungai dengan melewati riam-riam berbahaya.

Meski berada di pelosok dan aksesnya sangat terbatas, Desa Tumbang Gagu sudah dikenal luas. Di desa ini terdapat rumah khas Suku Dayak yaitu Huma Betang yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Situs budaya ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Hal ini pula yang menjadi tujuan lainnya sehingga upacara peringatan Hari Pahlawan kali ini dilaksanakan di desa ini. Pemerintah daerah ingin Desa Tumbang Gagu dengan potensi besar di bidang pariwisatanya bisa semakin dikenal luas.

Sementara itu upacara peringatan Hari Pahlawan digelar dengan sederhana dipimpin Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Halikinnor, Ketua DPRD Rinie, Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman serta pejabat lainnya.

Meski digelar sederhana, peserta mengikuti upacara tersebut dengan khidmat. Sejumlah pesan Menteri Sosial dalam peringatan Hari Pahlawan ini dibacakan saat upacara tersebut.

Bupati Halikinnor menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus napak tilas sejarah untuk mengenang jasa leluhur masyarakat Dayak yang membangun daerah ini di masa lalu. Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus membangun desa-desa di kawasan pelosok dengan harapan terbukanya keterisolasian akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Melalui kegiatan ini pemerintah daerah juga ingin menghargai para pahlawan, bagaimana perjuangan para pahlawan kita dulu merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara dan wilayah ini.

Berita Terbaru