Software Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Siap Antisipasi Menghadapi Banjir

  • Oleh Uriutu
  • 11 November 2021 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Buntok – BPBD Barito Selatan, siap dalam menghadapi musibah banjir. Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya kepada Borneonews, Kamis, 11 November 2021.

"Hal itu mengingat, berdasarkan prediksi, titik puncaknya hujan pada November 2021 hingga Februari 2022 mendatang, sehingga dimungkinkan akan terjadi banjir besar," kata Alip Suraya.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menghadapi apabila terjadi banjir, sebab sudah ada tanda-tanda dengan naiknya debit air sungai Ayuh.

"Meskipun demikian, kita masih belum melakukan penetapan status siaga bencana banjir, sebab debit air masih berada dibatas normal," ucap dia.

Menurutnya untuk penetapan status siaga banjir itu minimal debit air sungai mengalami kenaikan mencapai 13, 90 meter.

Apabila debit air sungai mengalami kenaikan mencapai 13,90 meter, maka Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan menetapkan status siaga bencana banjir.

Ia menyampaikan jika ditetapkan status siaga banjir, pihaknya akan melakukan apel siaga sesuai instruksi dari pusat, termasuk melakukan evakuasi dan mendirikan posko serta tenda-tenda darurat dan dapur umumnya kalau memang diperlukan.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat terutama yang berada di bantaran sungai Barito dan sungai Ayuh supaya supaya meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan peralatan sebelum terjadinya banjir.

"Masyarakat diimbau mempersiapkan papan untuk membuat rak untuk mengamankan peralatan rumah tangga. Tapi biasanya masyarakat yang berada di bantaran sungai sudah terkondisi dengan sendiri mempersiapkan semuanya dalam menghadapi banjir," ucap dia.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat supaya menginformasikan kepada BPBD Barito Selatan apabila pada suatu desa terjadi banjir.

Berita Terbaru