Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes Bersama di Dusun Timur akan Tempati 4 Kios di Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 November 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - BUMDes Bersama atau BUMDesma yang akan dibentuk di Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, direncanakan akan menempati 4 kios di Pasar Tamiang Layang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat Desa dan Sosial, Barnusa saat menyampaikan sambutan dalam musyawarah antar desa atau MAD pembentukan BUMDesma yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Dusun Timur, Kamis, 11 November 2021.

"Nanti untuk penataan ruangnya akan dibantu  Dinas PUPR sedangkan dana rehabilitasi dianggarkan dari APBD perubahan," ujarnya.

Dia menjelaskan jenis usaha yang akan dijalankan BUMDesma yang dibentuk oleh 16 desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur yaitu ritel atau penjualan barang kebutuhan pokok.

"Pembentukan BUMDesma bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi desa, oleh karena itu diperlukan upaya yang serius dalam pengelolaan BUMDesma agar berjalan secara mandiri, efektif dan efisien," kata Barnusa.


Menurutnya, pendirian atau pembentukan BUMDesma adalah perwujudan dari ekonomi produksi desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif serta mengusung transparansi dan akuntabel sehingga dapat berkelanjutan atau sustainable.

Barnusa berharap mereka yang terlibat dalam mengelola BUMDesma betul-betul orang yang profesional serta mampu melakukan inovasi maupun pengembangan usaha.

"Mungkin nanti (BUMDesma) akan menjadi pusat untuk menghidupkan BUMDes-BUMDes di desa, tinggal diatur strategi yang harus dilakukan. BUMDesma diharapkan dapat menjadi penambah pendapatan desa berupa saham-saham yang dimiliki masing-masing desa," imbuhnya.

Selain Kepala Dinas PMDSos, MAD juga dihadiri Camat Dusun Timur, perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, perwakilan Dinas PUPR Perkim, pendamping desa serta kepala desa dan ketua BPD dari 16 desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru