Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pertanian di Kalteng Perlu Diperkuat

  • Oleh Donny Damara
  • 11 November 2021 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Muhajirin mengatakan, sektor pertanian di Kalteng perlu lebih diperkuat lagi.

Menurut dia, masih banyak daerah di provinsi ini yang memiliki potensi untuk menjadi lumbung pangan apabila pengembangan pertaniannya dapat dioptimalkan.

"Sektor pertanian kita harus benar-benar dioptimalkan terutama pada lingkup lokal dan tidak hanya mengandalkan daerah-daerah tertentu saja," ucapnya, Kamis, 11 November 2021.

Selain itu, pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat menggali setiap potensi pertanian yang dimilki serta memaksimalkan potensi lahan di masing-masing wilayahnya.

"Potensi alam di Kalteng ini sangat melimpah dan tanahnya subur, hanya saja potensi itu belum dioptimalkan khususnya pertanian," jelasnya.


Diterangkannya, apabila setiap daerah di Kalteng bisa memaksimalkan setiap potensi yang ada utamanya pertanian maka otomatis akan mampu mandiri dalam memenuhi stok pangan.

Tidak hanya itu, apabila dapat terwujud sebagai lumbung pangan tidak hanya pemenuhan pangan dalam daerah saja yang tercukupi namun juga secara nasional.

"Dampaknya juga akan dirasakan oleh para petani dari segi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan, inilah yang harus dipikirkan bersama agar Kalteng mampu mandiri bahkan menjadi salah satu daerah penyedia pangan skala nasional," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru