Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

86 Desa di Murung Raya Tak Pernah Dapat Penyuluhan Pertanian

  • Oleh Magang 2
  • 11 November 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sebanyak 86 desa dari 116 desa di Kabupaten Murung Raya tidak pernah mendapat penyuluhan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distanikan), Pujo Sarwono mengatakan sampai saat ini kurang lebih 25 persen desa belum mendapat pembinaan pertanian melalui program kerja penyuluh pertanian.

Sementara dalam meningkatkan hasil produksi pertanian di suatu wilayah sangat dipengaruhi dari kinerja petugas penyuluh pertanian untuk mengubah perilaku petani agar mereka mampu dan mempunyai kemampuan memecahkan masalah dalam meningkatkan hasil usaha dan tingkat produksinya.

"Belum dikunjungi dan di layani oleh penyuluh pertanian kita dan ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kondisi jarak antar desa yang cukup jauh serta kondisi transporasi yang sangat terbatas," katanya, Kamis, 11 November 2021.

Kendala lainnya nihilnya anggaran operasional bagi petugas penyuluh menjadi permasalahan yang dihadapi pihaknya saat ini.

"Memang penyuluh pertanian kita saat ini banyak yang berstatus honorer, anggaran operasionalnya pun saat ini belum bisa kita anggarkan, sehingga saat ini para penyuluh kita di desa hanya melaksanakan tugasnya di sekitar wilayah tempat tinggalnya saja atau lokasi desa yang mampu dijangkau dengan biaya yang tidak tinggi," tuturnya lagi.

Dia menyebut kondisi pandemi covid-19 juga menjadi salah satu faktor penyebab terbatasnya kehadiran para penyuluh pertanian dilapangan.

Meski demikian pihaknya tetap optimis untuk terus berupaya memaksimalkan peran para penyuluh ini untuk bisa memberikan kontribusi yang baik untuk memajukan sektor pertanian.

"Kita akan terus berupaya untuk bisa memberikan dukungan yang baik bagi meningkatnya kinerja penyuluh pertanian di lapangan untuk meningkatkan hasil usaha para petani di Murung Raya, dan kami sangat berharap dukungan dari seluruh pihak khususnya dari pihak legislatif,bagi terealisasinya program peningkatan produksi pertanian saat ini," pungkasnya. (MAGANG-2/B-11)

Berita Terbaru