Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PKPI DPRD Barito Timur Apresiasi Bupati Setujui Modal Disetor ke Bank Kalteng Menjadi Rp 11 Miliar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 November 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Fraksi PKPI DPRD Barito Timur menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Barito Timur yang telah menyetujui modal disetor tahun anggaran 2022 pada PT Bank BPD Kalteng atau Bank Kalteng menjadi Rp 11 miliar.

"Ini akan meningkatkan sinergitas BUMD tersebut sehingga kinerjanya terus meningkat untuk masyarakat Barito Timur terutama di sektor UMKM dan koperasi dalam pelayanan jaminan kredit," kata Juru Bicara Fraksi PKPI, H Ahmadi dalam rapat paripurna penyampaian pemandangan umum fraksi pendukung dewan atas Nota Keuangan dan Raperda APBD 2022 yang disampaikan Bupati Barito Timur beberapa hari lalu.

Namun fraksi PKPI juga meminta kepada pemerintah daerah agar meninjau kembali keberadaan BUMD yang tidak memberikan kontribusi terhadap PAD Barito Timur.

"Pemerintah daerah harus mengambil langkah serius untuk mengevaluasi dan menata BUMD yang tidak mampu menjalankan fungsi usahanya dan bahkan merugikan keuangan daerah," tegasnya, Kamis, 11 November 2021.

Pada kesempatan itu Fraksi PKPI juga mengingatkan bawah target pendapatan asli daerah atau PAD Barito Timur pada tahun anggaran 2022 masih relatif kecil.

"Target dari kontribusi PAD dalam rancangan APBD tahun 2022 ini hanya sekitar Rp 101 miliar atau 11,28 persen dari total pendapatan daerah sebesar Rp 886,24 miliar, sehingga ketergantungan APBD dari dana perimbangan pemerintah pusat masih tinggi," ungkapnya.

Karena itu dia minta agar OPD pemungut tetap konsisten dan bekerja maksimal dalam kegiatan pengumpulan PAD dari pos-pos pajak dan retribusi yang telah disepakati bersama.

Menurutnya Fraksi PKPI memandang bahwa semua yang telah disampaikan merupakan satu kesatuan pendapat dan saran kepada eksekutif. Karena itu dia berharap tanggap dari Fraksi PKPI dapat dianggap sebagai upaya untuk menambah kesempurnaan rancangan APBD Barito Timur tahun 2022.

"Fraksi PKPI pada dasarnya dapat menerima nota keuangan dan raperda APBD 2022 untuk selanjutnya dibahas dan disetujui bersama," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru